Tugas 2 PBO - Latihan Java Ticket Machine
PENJELASAN BESERTA HASIL DARI CODING JAVA
PENERAPAN TICKET MACHINE
Nama : Winda Nafiqih Irawan
NRP : 5025231065
Kelas : Pemrograman Berbasis Obyek - G
Assalamualaikum, disini saya akan menjelaskan tugas saya yaitu membuat kode untuk study case ticket machine pada IDE platform JAVA yaitu BlueJ.
Sebelumnya untuk kode lengkap bisa diakses pada tautan berikut : GitHub
Penjelasan mengenai kodenya sebagai berikut :
public class ticketMachine
{
private int price;
private int balance;
private int total;
public ticketMachine(int ticketCost){
price = ticketCost;
balance = 0;
total = 0;
}
public int getPrice(){
return price;
}
public int getBalance(){
return balance;
}Kelas ticketMachine memiliki 3 variabel instance yaitu :- price : untuk menyimpan harga tiket.- balance : untuk menyimpan jumlah uang yang sudah dimasukkan oleh pengguna.- total : untuk menyimpan total uang yang telah diterima oleh ticket machine.
Konstruktor ticketMachine(int ticketCost) digunakan untuk menginisialisasi mesin dengan harga tiket tertentu. Saat objek dibuat, variabel price diatur sesuai dengan nilai ticketCost yang diterima sebagai parameter, sementara balance dan total diatur ke 0.
Metode getPrice() mengembalikan nilai harga tiket yang disimpan di variabel price, dan metode getBalance() mengembalikan nilai saldo pengguna (jumlah uang yang sudah dimasukkan) yang disimpan di variabel balance.
public void insertMoney(int amount){
if(amount > 0) {
balance = balance + amount;
}
else {
System.out.println("Use a positive amount: " + amount);
}
}
Metode insertMoney(int amount) menerima sebuah parameter amount yang mewakili jumlah uang yang ingin dimasukkan oleh pengguna. Di dalam metode ini, terdapat logika pengecekan menggunakan if untuk memastikan bahwa nilai yang dimasukkan lebih besar dari nol. Jika nilai amount lebih besar dari nol, maka jumlah tersebut akan ditambahkan ke variabel balance, yang merupakan saldo saat ini, dengan operasi penjumlahan sederhana balance = balance + amount;.
Namun, jika amount yang dimasukkan bernilai negatif atau nol, blok kode dalam bagian else akan dijalankan, di mana program akan mencetak pesan error di konsol menggunakan System.out.println, memberitahukan pengguna bahwa hanya jumlah positif yang diterima, dan menampilkan nilai amount yang salah tersebut.
public void printTicket(){
int amountLeftToPay;
amountLeftToPay = price - balance;
if(amountLeftToPay <= 0){
System.out.println("##########################");
System.out.println("# The BlueJ Line");
System.out.println("# Ticket");
System.out.println("# " + price + " cents.");
System.out.println("##########################");
System.out.println();
total = total + price;
balance = balance - price;
}
else {
System.out.println("You must insert at least : " + amountLeftToPay + " more cents.");
}
}
Metode printTicket pertama kali mendeklarasikan variabel lokal amountLeftToPay, yang berfungsi untuk menghitung berapa jumlah uang yang masih harus dibayarkan oleh pengguna. Nilai ini dihitung dengan mengurangi balance (saldo yang sudah dimasukkan pengguna) dari price (harga tiket).
Selanjutnya, terdapat pengecekan dengan pernyataan if untuk melihat apakah jumlah uang yang harus dibayar (amountLeftToPay) lebih kecil atau sama dengan nol. Jika amountLeftToPay <= 0, itu berarti pengguna telah memasukkan cukup uang atau lebih untuk membayar tiket. Dalam kasus ini, program akan mencetak detail tiket di konsol, termasuk nama perusahaan ("The BlueJ Line"), label "Ticket", dan harga tiket dalam bentuk cents. Setelah mencetak tiket, saldo total mesin (total) akan diperbarui dengan menambahkan harga tiket ke variabel total. Selain itu, saldo pengguna (balance) akan dikurangi dengan harga tiket, menandakan bahwa pembayaran telah dilakukan.
Namun, jika saldo pengguna belum cukup untuk membayar harga tiket (yaitu amountLeftToPay > 0), blok else akan dieksekusi. Program akan mencetak pesan yang memberitahukan pengguna bahwa mereka harus memasukkan sejumlah uang tambahan, yang ditampilkan dengan amountLeftToPay, agar saldo mereka cukup untuk mencetak tiket.
Gambar hasil kodenya :1. Membuat objek baru dan memasukkan harga tiket :2. Memasukkan uang yang ingin digunakan :3. Jika balance cukup/uang cukup maka tiket akan bisa dicetak :4. Jika uang tidak cukup tapi ingin mencetak tiket maka akan keluar pesan sebagai berikut :





Komentar
Posting Komentar