TM-14 PEMROGRAMAN GUI

 IMPLEMENTASI PEMROGRAMAN GUI


NAMA         : WINDA NAFIQIH IRAWAN

NRP             : 5025231065

KELAS        : PBO - G

Source Code : GitHub-GUI

1. Membuat frame windows user login dan password

Jawab : 

Variabel Utama :

  • String username = "windut";
    Variabel ini menyimpan username yang valid.
  • char[] password = "17desember".toCharArray();
    Variabel ini menyimpan password yang valid dalam bentuk array karakter (lebih aman dibandingkan String).
  • String message = " ";
    Variabel ini digunakan untuk menampilkan pesan keberhasilan atau kegagalan login.
  • JTextField inputUsername; dan JPasswordField inputPassword;
    Inputan username dan password dari pengguna.

setupPanel() Method:

Metode ini digunakan untuk membuat antarmuka (GUI) dari program login.

Komponen Utama GUI:

  1. JFrame:
    • Frame utama untuk menampung panel dan komponen lainnya.
    • Ditutup ketika pengguna menekan tombol close.
  2. JPanel:
    • Panel yang berisi semua komponen login.
  3. Komponen Input:
    • JTextField inputUsername: Untuk input username. Panjangnya 20 karakter.
    • JPasswordField inputPassword: Untuk input password. Karakter tidak terlihat saat diketik.
  4. Tombol (Buttons):
    • Login: Tombol untuk memverifikasi username dan password.
      • Menambahkan ActionListener dengan nama LoginListener untuk memproses input.
    • Cancel: Tombol untuk menghapus input username dan password.
      • Menambahkan ActionListener dengan nama CancelListener.
  5. Layout:
    • Komponen ditambahkan ke panel.
    • Panel dimasukkan ke dalam frame menggunakan BorderLayout.CENTER.

LoginListener (Inner Class):

  • Class ini meng-handle event saat tombol "Login" ditekan.
  • actionPerformed():
    • Cek Username dan Password:

if (username.equals(inputUsername.getText()) && Arrays.equals(password, inputPassword.getPassword()))

      • Memeriksa apakah input username sama dengan windut.
      • Memeriksa apakah input password sama dengan 17desember menggunakan Arrays.equals() karena inputPassword.getPassword() mengembalikan array karakter.
    •  
    • Pesan:
      • Jika benar: message = "Login successful!";
      • Jika salah: message = "Login failed!";
    • Menampilkan pesan dengan JOptionPane.showMessageDialog().

CancelListener (Inner Class):

  • Class ini meng-handle event saat tombol "Cancel" ditekan.
  • actionPerformed():
    • Menghapus input di inputUsername dan inputPassword:

 Main Method:

  • Membuat instance dari kelas Login dan memanggil metode setupPanel() untuk memulai program GUI.


Output :

if successful :



if not successful :



2. Implementasikan aplikasi image viewer .

=> 

Dengan menjalankankan ImageViewer lalu memilih file -> gambar bisa ditampilkan










Komentar

Postingan populer dari blog ini

EAS

TM 13 - IMPLEMENTASI ABSTRAKSI CLASS

TM 12 - SISTEM PRAPESAN TIKET PESAWAT DENGAN IMPLEMENTASI POLYMORPHISM DALAM OOP